Selamat Hari Batik Nasional! Yuk, Makin Cinta dengan Kain Tradisi Indonesia

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Kamis, 02/10/2014 08:43 WIB

Hari Batik Nasional

Alissa Safiera - wolipop

img
Foto: Moh. Abduh/ Wolipop
Jakarta - Batik tak hanya sekadar motif di atas kain. Segala proses rumit serta ribuan motif yang dihasilkan memiliki filosofi tersendiri. Bahkan kain tradisi Indonesia ini telah mendapat pengakuan dari dunia, sejak ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO di tanggal 2 Oktober 2009. Sejak itulah Indonesia merayakannya dengan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober.

Diapresiasi dengan baik oleh dunia luar, desainer Indonesia kini juga tak mau ketinggalan untuk makin melestarikan batik. Sebut saja desainer ternama seperti Iwan Tirta, Era Soekamto, Ghea Panggabean, Carmanita, Poppy Dharsono, Edward Hutabarat, Lenny Agustin dan masih banyak lagi.

Tak hanya desainer senior, desainer muda banyak pula yang mendedikasikan karyanya menggunakan batik. Di antaranya adalah brand Populo Batik, kemudian Peggy Hartanto yang membuat koleksi batik eksklusif bersama brand Bateeq. Keduanya menampilkan motif batik dalam gaya geometris sehingga tetap modern diaplikasikan dalam busana sehari-hari tanpa kesan berat atau formal.

Popularitas batik memang sudah tidak diragukan lagi. Berbagai desainer dunia seperti Dries Van Noten hingga Diane Von Furstenberg pun mengaplikasikannya ke dalam karya mereka. Bahkan The Duchess of Cambridge, Kate Middleton ikut terpana keindahan kain batik. Saat melakukan tur kerajaan Inggris ke Australia, Kate tampil elegan bergaun biru dari Diane Von Furstenberg.

Dress bermodel kimono itu disebut 'Ikat Batik Catalina' langsung laku terjual hanya dalam hitungan menit. Dress putih selutut tersebut memiliki motif seperti batik berwarna biru. Dipantau dari website belanja Diane Von Furstenberg, dress tersebut habis terjual dalam waktu delapan menit.

Tak hanya Kate yang pernah tampil dengan batik. Selebriti dunia lainnya seperti Drew Barrymore, Lenka, Rachel Bilson sampai Julia Roberts juga terpikat kain batik. Jika Selebriti internasional saja menyukainya, Bagaimana dengan Anda? Sudah tampil cantik dengan busana batik hari ini?

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(als/als)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

02 Oct, 2014


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656125/s/3f08bebe/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A140C10A0C0A20C0A843560C270A73840C2330Cselamat0Ehari0Ebatik0Enasional0Eyuk0Emakin0Ecinta0Edengan0Ekain0Etradisi0Eindonesia/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
LihatTutupKomentar